Nama: Dimas Rizki Faizal
NPM:
11218975
Kelas:
3EA15
UTS
Ekonomi Uang dan Bank
Dampak
Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Bisnis kecil (UMKM)
Pandemi
covid-19 menjadi salah satu bencana yang paling meresahkan di tahun ini
bagaimana tidak, pandemi ini banyak memakan korban jiwa dan banyakmenghetikan
aktivitas manusia seluruh dunia. Penyebaran yang luas menjadi sebuah momok yang
sangat menakutkan bagi seluruh manusia dan imbasnya banyak sekali sektor di
semua negara turut terkena imbasnya dari sektor ekonomi, industry dll.
Indonesia
sebagai salah satu negara denga jumlah penduduk terbanyak didunia turut terkena
imbas dari pandemi covid-19, berbagai sektor terkena imbas nya salah satunya
sektor bisnis terutama bisnis dengan skala kecil atau UMKM
UMKM
menjadi salah satu penyumbang PDB terbesar bagi Indonesia terutama di era
industry 4.0 tak heran jika dampak pandemi saat ini sangat terasa bagi pelaku
UMKM dan harus terus berjuang dengan daya beli konsumen yang rendah
Mnurut
data kementrian koperasi ada 163.713 pelaku usaha mikro kecil menengah yang
terdampak pandemi covid dan mayoritas adalah bidang makanan dan minuman, hal
itu sangat di perkuat dengan banyaknya masyarakat yang lebih memilih makan
makanan dari rumah sendiri dibandingkan dengan makanan dari luar yang blm
terjamin kesehatannya
Penurunan
omset penjualan hingga lebih dari setengahnya adalah hal yang banyak diakui
oleh para pelaku UMKM ini, sepinya order, dan keputusan mayoritas masyarakat untuk
lebih memilih makan masakan sendiri menjadi salah satu factor utama yang
membuat masalah ini timbul. Perlu dilakukannya sebuah pembaruan bagi para
pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman ini seperti: peningkatan kualitas
Kesehatan makanan agar para pelanggan terjamin kesehatannya serta pembaruan
sistem dari penjualan offline ke penjualan online untuk
menjangkau lebih banyak konsumen
Dalam
masa pandemi saat ini para pelaku UMKM
dituntut untuk dapat kreatif agar dapat bertahan di masa pandemi ini,
mulai dari menu yang lebih variatif, pengiriman yang terjamin saat sampai ke
pelanggan hingga penjualan serta pembayaran yang sudah harus beralih ke online.
Jika hal ini dilakukan dengan baik maka akan banyak UMKM yang akan tumbuh
sehingga membuka lapangan kerja bagi orang lain dan berbanding lurus denga
pertumbuhan ekonomi yang meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar